Thursday, July 12, 2018

Menunda Pemotongan Tali Pusat


Salah satu cara kelahiran yang semakin banyak diketahui yakni lotus birth. Metode kelahiran ini berbeda dari cara pada lazimnya, karena pada lotus birth, tali pusat tidak dipotong sesudah bayi dilahirkan, melainkan diperbolehkan konsisten menempel pada bayi hingga lepas dengan sendirinya. Meskipun begitu, keamanan lotus birth masih belum dapat dipastikan.  

Pemotongan tali pusat lazimnya dijalankan segera sesudah bayi lahir, dan pada ketika plasenta masih ada di dalam tubuh ibu. Hal ini bertujuan untuk mencegah pendarahan hebat pada ibu sesudah melahirkan.


Lotus birth hingga sekarang belum memiliki bukti ilmiah yang diakui secara medis. Meskipun demikian, beberapa penelitian menemukan kemungkinan manfaat penundaan pemotongan tali pusat selama beberapa ketika. Yang perlu ditekankan, hal ini berbeda dengan praktik lotus birth yang mengizinkan tali pusat berhari-hari hingga putus secara natural. Karena mengizinkan jaringan plasenta mati penuh darah seperti pada lotus birth, dapat menjadi daerah berkembang biak bakteri yang berbahaya bagi bayi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan anjuran untuk penundaan pemutusan tali pusat, yakni sekitar 1-3 menit sesudah bayi lahir. Justru sangat tidak direkomendasikan untuk memotong tali pusat terlalu awal, yakni kurang dari 1 menit sesudah bayi lahir, selain pada keadaan darurat di mana bayi tidak bernapas dan membutuhkan tindakan resusitasi untuk menolongnya bernapas.

Menurut beberapa pengujian pada bayi lahir cukup bulan dan prematur, terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penundaan pemotongan tali pusat. Bayi hal yang demikian akan menerima pasokan darah dari plasenta yang masih terhubung. Pasokan darah tambahan terhitung sekitar 30% lebih banyak, jika dibandingkan dengan bayi yang tali pusatnya segera dipotong.

Bayi yang pemotongan tali pusatnya ditunda, juga kemungkinan memiliki sel darah merah yang lebih tinggi pada 1-2 hari pertama, serta tingkat zat besi yang lebih tinggi hingga umur 6 bulan.

Untuk bayi prematur, tindakan ini dapat mengurangi risiko infeksi, pendarahan, serta menurunkan kemungkinan perlunya transfusi darah.

Menunda pemotongan tali pusat selama beberapa ketika diyakini dapat mendatangkan manfaat. Tapi sejauh ini, untuk memastikan batas waktu penundaan dan indikasi medis yang ideal untuk dilakukannya lotus birth masih menjadi perdebatan.

Karena lotus birth memiliki risiko yang tidak ringan, direkomendasikan untuk memastikan ulang alternatif cara persalinan hal yang demikian. Konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan mengenai tingkat keamanan lotus birth ketika pemeriksaan kehamilan.

No comments:

Post a Comment

Eksotisme Alam Dari Puncak Gunung Rinjani

Lombok adalah salah satu pulau yang letaknya masih berada di gugusan pulau Nusa Tenggara, pulau yang satu ini adalah salah satu tujuan l...